Cara Ampuh Merawat Aki Agar Berumur Panjang

Air aki mobil merupakan salah satu komponen yang terpenting dalam melakukan supply daya listrik untuk di pakai oleh komponen-komponen yang ada dalam mobil. Jika terjadi kerusakan pada mobil yang kamu gunakan pastinya akan lebih merepotkan dan juga membutuhkan biaya yang lebih besar. Maka dari itu diperlukan merawat aki mobil dengan baik supaya tidak terjadi kerusakan yang fatal pada mobil milikmu. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat aki mobil menjadi lebih awet dan memiliki usia yang panjang.

Cara Merawat Aki Mobil Biar Awet

Memanaskan Mobil Dengan Cara Berkala

Mobil yang jarang digunakan dan tidak pernah dilakukan pemanasan pada mesinnya maka akan memberikan dampak yang buruk pada air aki mobil yang akan lebih cepat rusak walaupun sering dilakukan penggantian. Walaupun tidak digunakan setidaknya panaskan mobil sekitar 5 – 10 menit untuk setiap harinya akan lebih bagus jika kamu panaskan 2x dalam satu hari.

Membersihkan Aki Secara Rutin

Dampak aki yang jarang dibersihkan akan berdampak ke terminal akinya. Terminal aki tersebut akan tertutup debu dan kotoran, sehingga nantinya akan sulit dalam menghantarkan listrik pada komponen yang lain. Bersihkan menggunakan sikat kawat maupun sikat plastik.Akan lebih bagus lagi jika sisa dari air aki dan juga jamur yang terdapat pada container ikut kamu lakukan pembersihan supaya aki dan berbagai komponennya dapat lebih awet.

Memeriksa Ketersediaan Listrik Di Dalam Aki

Ketersediaan air aki mobil harus selalu diperiksa. Aki yang sudah menyusut akan membuat mobil milikmu sulit dijalankan. Jika sudah seperti itu maka kamu harus segera mengisi aki mobilmu.

Memilih Aki Sesuai Dengan Jenis Kendaraan

Ada dua jenis Aki yang dapat kamu gunakan  yaitu Aki basah dan Aki kering. Jika Aki basah bisa untuk melakukan penguapan dengan sempurna, jika level air akinya berkurang maka kamu bisa menambahkan dengan sendirinya hingga batas maksimal dan lakukan pengontrol untuk setiap satu bulan sekali. Jenis air aki mobil ini akan bergantung sesuai dengan tipe mobil yang kamu miliki.