Berkenalan dengan Reksa Dana, Medium Investasi Mulai dari 50 Ribu Rupiah

Sudahkah Anda berkenalan dengan Reksa Dana alias medium investasi yang bisa dimulai dari 50 ribu rupiah? Yap! Kini Anda yang masih berusia belia bisa mulai berinvestasi. Begitu pula Anda yang masih menabung namun sedang mencari cara untuk beroleh profit, reksadana bisa jadi jawaban dari penantian Anda!

Reksa Dana diandalkan sebagai alternatif untuk pemodal kecil. Umumnya, reksa dana diandalkan oleh masyarakat yang tidak memiliki banyak waktu, atau berpengetahuan terbatas tentang cara penghitungan risiko investasi. Dengan fungsi tersebut, reksa dana berfungsi penopang pemodal lokal di pasar modal Indonesia.

Terdapat tiga poin penting tentang reksa dana yang wajib Anda pahami. Pertama, dana bersumber dari Anda sebagai bagian dari masyarakat pemodal. Dana yang terkumpul dalam pasar modal adalah dana bersama pemodal. Kedua, dana tersebut diinvestasikan dalam portofolio efek. Ketiga, dana tersebut dikelola oleh manajer investasi.

Terdapat empat jenis reksa dana. Pertama, Reksa Dana Pasar Uang (Money Market Fund) yang memampukan Anda melakukan investasi dengan masa jatuh tempo kurang dari satu tahun. Jenis reksa dana ini memiliki risiko paling rendah dibandingkan jenis lainnya.

Ingin investasi reksa dana? Yuk cek https://www.most.co.id/reksa-dana

Kedua, Reksa Dana Pendapatan (Fixed Income Fund) yang menginvestasikan minimal 80% dari aktiva berbentuk efek utang atau obligasi. Dengan ketetapan minimum investasi, investasi bisa menghasilkan tingkat pengembalian yang stabil. Namun, risikonya akan lebih besar dibandingkan Reksa Dana Pasar Uang.

Ketiga, Reksa Dana Campuran (Balanced Mutual Fund) yang mengalokasikan dana investasi dalam portofolio variatif, dengan instrumen saham berupa saham atau kombinasi dengan obligasi. Terakhir, Reksa Dana Saham (Equity Fund) yang mewajibkan investasi minimal 80% dari aktiva dengan bentuk efek berupa ekuitas.

Berinvestasi Mulai dari Modal 50 Ribu Rupiah

Sejumlah produk reksa dana memang bisa dibeli cukup dengan modal 100 ribu rupiah. Bahkan, di marketplace  juga terdapat beberapa produk yang memiliki syarat pembelian minimal seharga 50 ribu rupiah.

Keuntungan lainnya, pemodal dapat melakukan diversifikasi investasi tanpa harus memiliki modal yang besar. Pasalnya, manajer investasi akan melakukan diversifikasi di pasar modal atau pasar uang berdasarkan dana yang terkumpul dari para pemodal, sehingga jumlahnya pun menjadi banyak.

Di mana ada potensi keuntungan yang besar, di sana selalu ada risiko. Seperti risiko berinvestasi pada umumnya, penurunan harga efek saham, obligasi, atau surat berharga lain dalam portofolio reksa dana. Mengantisipasi risiko tersebut, andalkanlah manajer investasi yang kredibel. Salah satunya, dengan memilih naungan perusahaan sekuritas terpercaya.