Berbagai Tips Perawatan Ban Mobil di Musim Hujan yang Wajib Dilakukan

Di musim hujan seperti sekarang ini, banyak pengendara mobil yang mengkhawatirkan kondisi ban mobil saat berada di jalan raya. Apalagi dengan kondisi jalan yang licin, membuat ban mobil mudah tergelincir. Tentu saja hal ini akan membuat mobil kehilangan kendali. Sehingga, kondisi tersebut sering kali memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan beberapa tips merawat ban mobil di musim hujan seperti berikut ini :

  • Lakukan penggantian ban mobil

Tips merawat ban mobil di musim hujan yang pertama, Anda harus mengganti ban mobil dalam kondisi tertentu. Seperti misalnya ketika kondisi tinggi kembang mobil telah mendekati batas minimal 1,66 mm, sebaiknya ban mobil segera diganti. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar kendaraan tetap aman untuk digunakan.

  • Usahakan selalu memeriksa tekanan angin ban mobil

Untuk memastikan telapak ban mobil tetap menapak pada jalan aspan secara optimal, sebaiknya Anda selalu periksa tekanan angin pada ban mobil tersebut.

  • Lakukan pengecekan pada telapak ban mobil

Sebagai upaya menghindari terjadinya ban mobil mudah tergelincir di musim hujan, Anda perlu melakukan pengecekan pada telapak ban mobil. Disini, Anda bisa memeriksa pada bagian ketebalan telapak ban menggunakan Tire Wear Indicator (TWI). Caranya, Anda bisa melihat permukaan telapak ban yang sudah sejajar dengan indikator TWI. Biasanya, TWI ini berada di alur telapak ban dengan tanda berbentuk segitiga.

Baca juga: Tips Merawat Ban Yang Benar https://hondaoutsidejava.co.id/info-terkini/201211121100-tips-merawat-ban-untuk-mobil-kesayangan-anda-in

  • Lakukan pengecekan bagian dinding ban mobil

Segera periksa dinding ban mobil apabila terjadi kerusakan seperti sobek atau benjol. Apabila ditemukan kondisi yang demikian, maka Anda perlu untuk mengganti ban mobil dengan yang baru.

  • Selalu pastikan pelek mobil dalam keadaan baik

Selanjutnya, Anda bisa melakukan tips merawat ban mobil di musim hujan dengan selalu memastikan kondisi pelek mobil dalam keadaan yang seimbang dan terjaga.

Cek simulasi kredit Brio di https://hondaoutsidejava.co.id/credit

  • Lakukan spooring dan balancing pada ban mobil

Untuk menetralkan sudut geometri seluruh roda ban mobil sesuai ketentuan pabrikan, Anda perlu melakukan spooring dan balancing. Hal ini memiliki tujuan untuk meyeimbangkan kondisi keempat roda ban agar dapat berputar dengan baik serta optimal.