Penyebab Cat Dinding Mengelupas Dan Cara Mengatasinya

Setiap orang tentunya ingin memiliki kondisi rumah yang indah. Keindahan sebuah rumah dipengaruhi oleh beberapa faktor. Dimana salah satu diantaranya yaitu kondisi cat dinding yang sempurna.

Namun ada kalanya kondisi dinding menjadi kurang menarik akibat cat dinding yang mengelupas. Lalu apa sajakah penyebabnya? Berikut ini adalah faktor penyebab cat dinding mengelupas dan bagaimana cara mengatasinya.

5 Penyebab Cat Dinding Mengelupas

1) Cat Tembok Tidak Berkualitas

Penyebab pertama mengapa cat dinding mudah mengelupas yaitu menggunakan bahan bangunan cat dinding yang kualitasnya rendah. Jika cat dinding interior mudah mengelupas, bisa jadi karena cat dinding eksterior yang digunakan tidak waterproof sehingga air hujan merembes ke dalam.

2) Cat Encer

Kadangkala proses pengecatan dinding akan di mix dengan thinner atau waterbase. Hal ini perlu ketelitian dan pengetahuan. Karena jika perbandingan campurannya tidak pas, maka tekstur cat akan terlalu encer sehingga ketika diaplikasikan ke dinding akan mudah mengelupas.

3) Dinding Lembab

Dinding yang lembab juga menjadi salah satu alasan mengapa cat dinding mudah mengelupas. Jika kondisi dinding lembab entah akibat air rembesan atau minyak namun tetap dipaksakan untuk dicat, maka akan mengurangi daya rekat cat sehingga nantinya cat akan mudah terkelupas.

Baca Juga: Begini Lho Teknik Pasang Keramik Lantai yang Mudah Ditiru! Cek di Sini!

4) Kondisi Tembok Kotor

Selain lembab, dinding yang kotor juga menyebabkan cat dinding mudah mengelupas. Alasannya adalah karena karena kotoran yang menempel pada tembok memicu keretakan pada cat sehingga membuat cat mudah mengelupas.

5) Cat Lama Tidak Dibersihkan

Kebiasaan orang ketika mengecat ulang dinding yaitu menumpuknya dengan cat lama. Selain akan mempengaruhi kualitas warna cat baru juga akan memicu lapisan cat baru mudah terkelupas.

Cara Mengatasi Cat Dinding Mengelupas

Berdasarkan beberapa penyebab cat dinding mengelupas yang sudah disebutkan diatas, maka terdapat beberapa cara untuk mengatasinya. Diantaranya adalah :

  • Gunakan cat tembok yang berkualitas serta disesuaikan dengan penerapannya, baik itu indoor atau outdoor.
  • Ketika mencampur cat dengan thinner maupun waterbase pastikan porsinya sudah pas. Tidak terlalu encer maupun terlalu kental.
  • Sebelum mengaplikasikan cat baru pastikan dinding dalam kondisi kering.
  • Bersihkan kotoran atau debu yang menempel sebelum diaplikasikan cat dinding yang baru.
  • Pastikan cat lama sudah dibersihkan sebelum melakukan pengecatan ulang.

Jadi, itulah tadi faktor penyebab cat dinding mudah mengelupas dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.