Syarat Dokumen Pengajuan Kredit Mobil. Wajib Ada!

Teman-teman sudah memiliki mobil secara kredit, tetapi pengajuan Anda selalu ditolak? Nyatanya, masih ada banyak orang yang mengalami kejadian serupa. Momok kalau kredit mobil membutuhkan proses yang sulit dan lama kerap membebani calon konsumen, bahkan sebelum mereka akhirnya mengajukan kredit.

Tentu, ini adalah opini bagi beberapa orang. Nyatanya, juga ada banyak orang yang menjalani proses kredit yang mudah, lancar tanpa kendala. Apa ya rahasianya? Sebelum Anda mencari tahu tips dan trik lolos pengajuan kredit mobil, ada baiknya Anda mulai perjalanan Anda dengan mengetahui apa saja syarat utama pengajuan kredit mobil.

1. KTP
Layaknya proses finansial lainnya, penyedia kredit seperti bank penyelenggara kredit atau multifinance akan mensyaratkan KTP dan salinannya. Harap perhatikan KTP yang diminta harus sudah elektronik.

2. NPWP
NPWP menjadi syarat kedua paling umum dalam pengajuan kredit mobil.

3. Kartu Keluarga
Kartu Keluarga menjadi syarat ketiga paling umum dalam pengajuan kredit mobil.

4. Slip Gaji 3 Bulan Terakhir
Slip gaji akan membuktikan Anda tidak hanya memperoleh penghasilan secara rutin, tetapi juga memperoleh penghasilan dalam jumlah tertentu.

5. Rekening Koran 3 Bulan Terakhir
Penyedia kredit akan melakukan pengecekan flow keluar masuk uang di dalam rekening Anda untuk memperoleh gambaran kasar jumlah pemasukan dan pengeluaran Anda setiap bulannya. Untuk lolos credit analyst, sebaiknya Anda perbaiki record finansial Anda di Bank dengan mengurangi pengeluaran sebaik mungkin dan membiarkannya mengendap sebagai tabungan.

Menghitung Besar/Kecil Kemungkinan Lolos

Tidak ada rumus mutlak untuk memastikan lolos atau tidaknya sebuah pengajuan kredit mobil. Meskipun begitu, Anda dapat mulai menghitung setiap pemasukan dan pengeluaran Anda per bulannya dan menghitung sisa di akhir bulan.

Jumlah angsuran Anda setidaknya tidak melebihi 1/3 dari jumlah pendapatan Anda. Apabila setelah penghitungan, Anda mendapati sisa di akhir bulan kurang dari 1/3 jumlah angsuran yang Anda kehendaki, kemungkinan besar pengajuan Anda akan ditolak.

Sebelum melakukan pengajuan, pastikan Anda telah melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan dan memiliki dana yang masuk akal untuk jumlah angsuran per bulan yang dikehendaki.

Yuk, cek simulasi kredit mobil Honda di sini https://hondaoutsidejava.co.id/credit